Home » » CERPEN – Susahnya Bilang PUTUS

CERPEN – Susahnya Bilang PUTUS

CERPEN – Susahnya Bilang PUTUS - Hampir 3 bulan Karel pacaran sama Natasha. Mereka sanggup bikin anak – anak satu sekolah pada iri. Yang satu cantik, yang satunya lagi ganteng. Benar – benar perfect couple. Awalnya Karel menikmati keirian teman – temannya. Hatinya gembira banget karena berhasil memiliki most wanted sekolah. Dia juga bangga kalo Natasya mulai memamerkan dirinya. Tapi 2 minggu belakangan, Karel bawaannya males melulu ketemu Natasha. Cewek itu enggak pernah bosan nyeritain betapa kerennya Karel. Ngenalin Karel sama temen – temennya dan pamer kemesraan di depan umum. Lama – lama Karel kan jadi risih juga.
Pas Karel lagi asyik ngelamun di kelas, Jono, temannya sejak sejak SMP menepuk bahunya.
“Ngapain lo bengong kayak ayam tetelo gitu?” Tanya Jono.
"Males Jon,” jawab Karel pendek.
“Eh, tadi gue ketemu Natasha di depan Lab. Biologi. Dia nanyain elo, tuh!”
“Dia ngomong apa?”
“Dia bilang, lo disuruh nganter dia bimbel abis pulang sekolah.”
“Halah, paling gue mau dipamerin lagi sama temen – temennya. Lama – lama gue tengsin, Jon!”
“Lho! Kenapa sih, Rel! Gue liat akhir – akhir ini lo bête melulu sama Natasha, curhat dong Bro!”

Karel memandang Jono, “Menurut lo, Natasha itu manfaatin gue enggak, sih!”
“Manfaatin gimana?”
“Ya, bukannya sombong nih! Lo kan tau kalo gue lumayan popular.”
“Kalau itu sih gue juga tahu. Trus apa hubungannya sama Natasha?”
“Sejak gue jadian sama Natasha, dia tuh kerjaannya mamerin gue melulu, kayak gak ada kerjaan lain. Kalo kayak gini terus pamor gue bukanya naik, malah makin turun. Gue kan malu juga sama anak – anak.”
“Masa iya sih, Bro? Eh, tapi gue denger dari tetangga gue yang sekelas sama Natasha, kayaknya emang bener. Kata tetangga gue, Natasha hobi banget mamerin elo.”
“Terus gue harus gimana?”
“Mana gue tahu.”
“Ayolah Jon! Lo kan sahabat gue banget. Kasih saran dong!”
“Lo putusin aja! Kenapa ribet banget?”
Karel memikirkan kata – kata Jono. Anak itu kadang – kadang norak dan ceplas – ceplos, tapi omongannya manjur dan tepat.
“Eh, gue cuma becanda! Jangan lo masukin dalam hati,” kata Jono buru – buru begitu melihat ekspresi Karel yang serius mikir.
“Emang sih, Jon. Putus adalah solusi terbaik. Tapi gue enggak mungkin mutusin Natasha. Entar dia sakit hati, lagi!” Kata karel enggak menghiraukan ralat dari Jono.
“Trus?”
“Biar Natasha aja yang mutusin gue. Tapi gimana caranya? Kalo gue ngomong langsung, dia pasti marah.”
“Lo puny aide?”
“Ada sih, tapi udah basi. Kita coba dulu aja kali, ya?”
“Kenapa enggak?”
Rencana Pertama
Hari ini Karel mulai menjalankan rencananya. Emang sih, udah basi banget. Tapi siapa tahu bakal berhasil. Dalam rencana ini, Karel bekerja sama dengan teman sekelasnya yang bernama Cita. Karel bakal PDKT sama Cita di depan Natasha supaya doi marah.

Nggak lama kemudian, Natasha muncul dari ujung koridor. Karel dan Cita berdiri berdekatan. “Cit, kemaren gue sama nyokap ketemu nyokap lo, di minimarket kedet kompleks. Ternyata nyokap kita saling kenal. Emang rumah lo dimana?” Karel mengawali percakapan.

“Rumah kita kan satu komplek cuma beda blok aja,” jawab Cita.
“Oh ya? Wah, deket dong! Kapan – kapan gue boleh main ya!”
“Natasha gimana?”
“Dia sih gampang! Lo masih sendirian aja kan.”
Tiba – tiba Natasha merangkul lengan Karel. Dia tersenyum manis pada Cita. Cita jelas – jelas kaget ngelihat ekspresi Natasha. “Hai, Cit! Lo lagi ngobrol sama cowok gue ya? Gimana, dia orangnya asik banget kan?” Tanya Natasha dengan ramah.

“Iya, Nat!” CIta mati gaya di depan Natasha.
“Cowok gue gitu loh! paling top deh!”
Karel melepas rangkulan Natasha. “Nat, risih tau dilihat orang - orang.”
“Sini, ikut gue,” bisik Natasha sambil menarik Karel ke tempat yang nggak terlalu rame.
“Apaan sih?” Tanya Karel.
“Jam 4 sore jemput gue ke rumah,” jawab Natasha.
“Emang lo mau kemana?”
“Gue mau ke salon.”
“Ke salon? Bukannya 2 hari yang lalu lo baru saja dari salon?”
“Karel, kayaknya gue harus tampil maksimal supaya mata lo nggak ngelirik kesana – kemari.”

****************
Rencana Kedua
Rencana Karel hari ini benar – benar gila. Dia biasanya tampil cool, hari ini berubah jadi makhluk paling jorok sedunia. Dia tahu Natasha benci sama orang yang jorok. Sebenarnya, maunya Karel cuma satu ; supaya Natasha bilang ‘Putus’.

Ketika Karel masuk ke kelas, semua mata memandangnya dengan takjub. Bayangin, hari ini Karel cuma cuci muka. Bajunya kayak seabad enggak di setrika. Sepatunya kotor dan berdebu kayak abis dipakai marathon di padang pasir. Dan kayaknya Karel belum sisiran sejak bangun tidur.

“Rel, lo udah gila ya?” teriak Jono begitu melihat tampangnya Karel.
“Namanya juga pengorbanan, Bro!” jawab Karel santai. Ketika matahari sudah mulai tepat di atas kepala, Karel mulai garuk – garuk badan. Sementara itu, Jono yang duduk di sebelah Karel menutup hidung rapat – rapat.
“Ngapain lo, tutup hidung?” Tanya Karel.
“Nah, lo sendiri ngapain garuk – garuk gitu!” Jono balik bertanya.
“Badan gue gatel banget nih, lengket lagi!”
“Dari sini baunya juga udah kecium, gila asem banget!” Mereka menahan tawa.
Istirahat kedua tiba. Natasha menerobos masuk ke dalam kelas Karel. Melihat Natasha datang, Karel merentangkan tangan berniat memeluknya. Awalnya Natasha emang mau meluk Karel. Tapi ketika jarak mereka tinggal beberapa jengkal, Natasha malah menghindar.

“Hueeeek……………….,” ucap Natasha jijik.
“Kenapa?” Tanya Karel pura – pura bego.
“Lo bau banget tau! Dasar jorok!”
“Biarin.”
“Lo tuh nyebelin banget sih!” Dalam hati Karel tertawa. “Ayo Nat, bilang putus!” batinnya.
“Mulai besok, gue bakal datang ke rumah lo sebelum berangkat sekolah. Gue gak mau lo tampil menyedihkan kayak hari ini. Bikin malu aja!” kata Natasha berapi – api. Cewek itu keluar dari kelasnya Karel penuh emosi. Jono yang ngelihat semua itu cuma bisa menatap Karel dengan bingung. Karel mengangkat bahu dan lesu.

“Gila, susah banget Natasha bilang putus,” ucapnya kesal.
“Gue nyerah, Rel! Stok ide gue udah mepet,” Kata Jono putus asa.
****************
Karel enggak tahu harus berbuat apa supaya Natasha mutusin dia. Siang itu begitu bel pulang berbunyi, Natasha menyeret Karel ke Kantin. Ternyata kantin sudah penuh sama teman – teman Natasha.
“Hai semua, maaf telat!” seru Natasha centil. Nggak lama kemudian udara kantin terkontaminasi oleh berbagai macam gosip.  Karel merasa jadi alien di antara cewek – cewek itu.

“Dengerin ya semuanya! Hari ini nilai Matematika cowok gue paling tinggi di kelas. Hebat nggak sih?” Kata Natasha bangga.

“Wah, lo hebat banget, Rel!”
“Natasha ketularan pinter, dong!”
“Lo nggak salah pilih cowok, Nat!”
Kira –kira begitu komentar teman – teman Natasha. Karel cuma nyengir kuda nanggepin semua itu. Enggak penting banget sih!

“Gimana kalo kita usul sama pak Gunawan supaya Karell ikut Olimpiade Matematika?” usul Natasha.
Mata Karel hampir copot karena melotot saking lebarnya. “Otak Natasha udah kebalik, apa? Bisa – bisanya dia punya ide gila kayak gitu?” omel Karel dalam hati.

“Setuju……….!!!!!” jawab teman – teman Natasha kompak.
Karel kesal dan langsung meninggalkan Natasha tanpa permisi. Jelas aja cewek – cewek itu pada kaget.
****************
Pagi – pagi banget, Natasha datang ke kelas Karel. Begitu tau ceweknya datang, Karel malah menghindar. Dia keluar dari kelasnya. Natasha setengah berlari mengejar langkah – langkah panjang Karel. Natasha mencengkeram lengan Karel untuk menghentikan langkah cowok itu. “Apa – apa sih lo!” teriak Karel, marah.

“Elo yang apa – apaan! Ngapaian kemaren lo pergi tanpa pamit? Lo bener – bener bikin gue malu!” Natasha balas berteriak.

“Nat, seharusnya yang malu itu seharusnya gue! Kemaren gue pergi begitu aja, soalnya gue udah muak dengerin bualan lo!”

“Gue juga udah bête sama tindakan – tindakan konyol yang lo buat kemaren – kemaren.”
Sejenak mereka terdiam.

“Jujur ya, Nat. Gue capek jalan sama lo. Gue rasa, kita emang enggak cocok,” kata Karel.
“Rel, gue sebenarnya juga enggak cinta sama lo. Gue pacaran sama lo cuma semata – mata demi Reta. Lo inget Reta, kan? Dia adalah cewek yang pernah lo putusin. Dan sejak saat itu, dia benci banget sama lo,” kata Natasha.

“Trus, apa hubungannya lo sama Reta?”
“Gue temennya waktu SMP. Gue harap lo bisa ngertiin gimana perasaan kita kalo sahabat kita  disakitin. Maafin gue ya, Rel! Mendingan kita lupian aja semua yang pernah kita alamin.”
Tiba – tiba Karel menangkap kata – kata terakhir dari Natasha. “Jadi…..?” kata Karel “Kita putus?” Natasha mengangguk.

“Thanks God!” batin Karel seneng banget.
“Rel, kalo gue naksir temen sekelas lo, nggak apa – apa, kan?” Tanya Natasha.
"Emang lo naksir siapa? Andi?” tebak Karel. Andi adalah anggota tim basket sekolah. Orangnya, cakep juga sih. Natasha menggeleng. “Bukan.”
“Trus?”
“Jono.”
“??????”

By : LINDA PURNAMASARI



TAMAT
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...