Home » » Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis - Buah manggis adalah buah tropis yang kaya akan manfaatnya. Bukan hanya pada buahnya saja, namun kulit manggis ini juga bermanfaat. Pada buah manggis terdapat  vitamin C, Serat, Kalium dan beberapa senyawa biogis aktif contohnya Katekin dan Proanthocyanidins. Pada bagian kulit manggis, terdapat kandungan antioksidan yaitu Xanthones yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti: anti kanker, anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur, antivirus dan juga antioksidan.


Khasiat dan Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan :

  • Menyembuhkan dan Mencegah Kanker
Buah manggis dapat membantu manggulagi kerusakan radikal bebas yang mengakibatkan mutasi sel (kanker dan pertumbuhan tumor). Ekstrak yang ada didalam buah manggis bisa mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker usus.
  • Mencegah Penyakit Berbahaya
Buah manggis mengandung  zat xanthones yang bermanfaat untuk mengurangi gula darah pada diabetes tipe II dan dapat mengatasi penyakit diabetes, arthritis, Alzheimer, serta penyakit jantung. Mengurangi kerusakan radikal bebas dan inflamasi, dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, kadar kolesterol, melindungi otot jantung, menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Mengatasi Kegemukan
zat xanthones yang terkandung dalam buah manggis dapat melunakkan kembali sel-sel sehingga mengubah zat makanan menjadi energi. Hal ini dapat membantu kita untuk mengurangi lemak tubuh yang sedang mengalami kegemukan serta membantu untuk mengelola berat badan.

  • Menghilangkan Rasa Sakit
Buah manggis ternyata dapat menghilangkan rasa sakit (properti anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan, nyeri dan kerusakan sendi dihubungkan dengan arthritis, dan nyeri akibat latihan olahraga dan luka ringan) dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

  • Mengatasi batu ginjal
Banyak mengkonsumsi buah manggis akan mengakibatkan kita sering buang air kecil, hal ini dapat membantu mencegal adanya penyakit batu ginjal.

  • Mencegah gangguan penglihatan
Buah manggis berfungsi untuk menyembuhkan katarak dan glukoma. Penyakit ini merupakan  gangguan penglihatan akibat radiasi yang melunturkan  protein pada lensa mata. Hal ini bisa diatasi dengan cara menghindari sinar matahari langsung (menggunakan kaca mata) dan mengkonsumsi  buah manggis yang mengandung antioksidan secara rutin.

  • Menjaga saluran kencing
Seiring  dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul akan menurun teruatama pada wanita . Hal ini dapat mempengaruhi saluran kencing. Hal serupa juga dialamu oleh pria, dimana pria akan mengalami pembesaran prostat sejalan  dengan bertambahanya usia. Keadaan tersebut dapat menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak dapat  dikeluarkan melalui saluran kencing. Zat xanthones dalam buah manggis merupakan zat yang mengaktifkan antibakteri.

  • Memelihara pencernaan
Saat zat asam diperut berkurang, maka banyak bakteri yang masuk masuk ke dalam perut yang menyebabkan penyakit diare, perut pun kelebihan gas, sehingga kemampuan usus untuk menyerap makanan jadi berkurang. Namun semua itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah manggis karena di dalam buah tersebut terdapat zat xanthones yang dapat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkannya. Buah Manggis ini dapat enjaga kesehatan usus,  meringankan diare, sembelit, maupun menstimulasi kesehatan usus normal.

  • Memelihara kemampuan mental
Kerusakan Otak yang sering dialami adalah demensia, Alzherimer, Parkinson, stroke dan lain-lain yang dapat mengganggu sistem syaraf pusat. Buah manggis terdapat zat yang dapat mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental).

  • Menyembuhkan Asma dan Gangguan Pernapasan
Asama merupakan penyakit mematikan karena kerusakan sistem pernapasan. Obat alternatif berupa buah manggis dapat mengatasi penyakit tersebut karena  mempunyai kemampuan untuk  melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis. Salah satu keajaiban zat pembunuh bakteri xanthones yang terdapat pada buah manggis adalah mengatasi gangguan pernapasan.

Selain Buahnya ternyata Kulit dari Buah Manggis ternyata juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita

Manfaat Kulit Manggis Antara Lain :
  • Anti-peradangan (anti-inflamasi).
  • Anti-depresi.
  • Mencegah penyakit Diare.
  • Mencegah penyakit Urat Syaraf.
  • Mencegah penyakit Katarak.
  • Mencegah kerapuhan tulang.
  • Mengencangkan kulit.
  • Mengurangi tingkat kegelisahan, cemas, dan kepanikan.
  • Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.
Semoga Manfaat Buah Manggis diatas bisa bermanfaat bagi kita semua, karena kesehatan sangat penting sekali untuk tubuh kita, karena banyak manfaatnya kita harus konsumsi buah manggis secara teratur sehingga bisa membuat kita lebih sehat. 
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...