Home » » Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk - Buah jeruk ada banyak jenisnya, ada jeruk manis, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk purut, jeruk mandarin, jeruk orange, jeruk grapefruit dan masih banyak lagi. Manfaatnya pun beraneka ragam, mulai dari untuk minuman, untuk kesehatan tubuh, perawatan  wajah, bahkan untuk kesehatan ibu hamil. Tak heran jika buah jeruk ini bisa dijumpai dimana pun, di pasar, di supermarket maupun mini market bahka di pinggir jalan / kaki lima.


Berikut ini macam - macam manfaat dari buah jeruk :

  • Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil
Jeruk Bali sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Karena banyak mengandung senyawa seperti pectin, zat aktif pembersih darah, pigmen bioflavanoid, likopen, Vitamin A, B, B1, serta B2. Ditambah lagi, kandungan asam folat, kalium, dan kalsiumnya terbilang tinggi. Tak heran jika jeruk Bali  bermanfaat untuk  imunitas tubuh, mempertahankan kolagen, mengurangi potensi munculnya varises, memperbaiki jaringan kulit, mencegah kanker, menekan kolesterol jahat di dalam tubuh, dan anti peradangan khususnya untuk kesehatan ibu hamil sangat baik dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk Bali.

  • Menurunkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis
Jeruk menghasilkan sumber kalium (potasium) yang baik. Manfaat dari kalium adalah membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Kekurangan kalium mengakibatkan kekeroposan pada tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis.

  • Membantu Menghilangkan Jerawat dan Kulit Berminyak
Khususnya jeruk nipis, sangat membantu untuk menghilangkan jerawat maupun kulit berminyak pada wajah. Karena banyak mengandung vitamin C yang  mampu menyegarkan wajah dan menutup pori - pori yang membesar. Gunakan jeruk nipis ini sebagai masker.

  • Sebagai anti-inflamasi
Jeruk bisa digunakan sebagai anti-inflamasi berkat zat kimia yang terkandung di dalam jeruk yang disebut hesperidin. Hesperidin bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan. Peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit  penyakit jantung, kanker, arthritis, dan banyak lagi.

  • Untuk Mengontrol Berat Badan
Buah jeruk kaya akan serat dan rendak kalori yang mampu mengontrol berat badan dengan cara menyeimbangkan metabolisme tubuh dan memperlancar buang air besar. Dengan memiliki berat yang ideal akan  terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes, asma, jantung, dan osteoarthritis. Serat yang terkandung dalam jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol.

  • Mempertahankan keseimbangan gula darah penderita diabetes
Di dalam buah jeruk terdapat Fruktosa alami yang bermanfaat mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Diabetes timbul karena tubuh tidak mampu mengkontrol kadar gula darah. Dengan mengkonsumsi buah jeruk maka gula darah akan menjadi stabil karena serat jeruk akan mencerna secara perlahan dan menyerap sedikit demi sedikit.

  • Mencegah kerusakan sel-sel dari radikal bebas
Buah Jeruk terdapat  vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah salah satu antioksidan sekunder yang berguna  untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Vitamin C mempunyai kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga bermanfaat menjaga kesehatan mata (mengurangi risiko katarak). Antioksidan yang terdapat pada buah jeruk dapat mencegah stres oksidatif tubuh serta dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan penuaan dini dengan menetralisir radikal bebas.

  • Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Buah jeruk sangat cocok untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah jeruk sangat berguna untuk terhindar dari penyakit darah tinggi. Lonjakan pada tekanan darah dapat mengakibatkan resiko terkena penyakit ginjal, jantung koroner, dan stroke. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil digunakan cara mengurangi pemakaian sodium pada masakan olahan dan meningkatkan asupan kalium dari buah dan sayuran. Sedangkan buah jeruk bebas natrium serta tinggi kandungan kalium.


Dalam jeruk mengandung  energi 51 kkal, protein 0,9 gr, lemak 0.2 gr, karbohidrat 11.4 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg, retinol 57 mcg dan asam askorbat 49 mg. Oleh karena itu sangat bagus jika dikonsumsi setiap hari untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Semoga Manfaat Buah Jeruk diatas bisa bermanfaat bagi kita semua




Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...